Action

Kamis, 22 November 2007

Chemistry of Love

“ Jatuh Cinta Berjuta Indahnya”. Itulah sepenggal lagu dari tante Titiek Puspa, yang seringkali disuarakan kawula muda jika sedang kasmaran. Apalagi jika si Doi juga memiliki perasaan yang sama. Wah...kloplah. Dunia serasa begitu indah. Tahi kucingpun serasa coklat. Cinta membawa efek yang begitu luar biasa bagi kehidupan seseorang. Ketika bertemu, berdekatan dan mata saling bertautan dengan si Doi, jantung serasa seperti meledak. Deg...Deg...Blar...Sorrr... Rasa aman dan damai saat bersamanya. Pokoknya, begitu indah! Gak bisa diungkapin dengan kata-kata. Asoy...!
Mengapa bisa demikian ya?

Perasaan cinta itu gak sesimpel itu dijelasin, rumit banget, tapi bisa dijelasin secara ilmiah lho...Para ahli “lovers” (dibaca = ilmuwan cinta), telah lama mempelajari dan menelitinya. Seringkali para muda-mudi berkata :”Cinta itu tergantung ama chemistry-nya” tetapi mereka gak tahu apa chemistry itu sebenarnya. Ternyata, memang beneran ada lho chemistry-nya (rumus kimianya) yang membuat kita bisa merasakan jatuh cinta.

Menurut para ahli (dalam chem-is-try.org), perasaan cinta ini sangat dipengaruhi oleh ketiga senyawa penting yang ada di dalam otak kita. Ketiga senyawa ini adalah:

1. Phenyletilamine (PEA) atau 2-feniletilamina

2. Dopamine (3-hidroksitiraminihidrogenbromida/klorida atau 3,4- dihidroksiphenentilamin)

3. Nenopinephrine


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Ketika terjadi kontak antara dua sejoli melalui alat indera (mata), baik itu saling memandang, berdekatan, berbicara, berpelukan...(eit...jangan keterusan, kata nenek itu berbahaya!), dan lain sebagainya maka otak akan terangsang untuk menghasilkan ketiga senyawa “cinta” tersebut. Yang paling berperan dari ketiga senyawa itu adalah PEA. Ternyata, senyawa inilah yang menyebabkan timbulnya perasaan tersipu-sipu dan malu bila berpandangan dengan Doi. Senyawa PEA ini banyak sekali terkandung dalam makanan coklat. Inilah alasannya, mengapa di hari Valentine (Kasih Sayang), para pemuda-pemudi saling berbagi coklat untuk menunjukkan perasaannya.

Otak juga akan memproduksi senyawa Endropin apabila Doi berada di dekat kita. Senyawa inilah yang membuat orang merasakan aman, nyaman, tenteram dan damai. Tak ketinggalan pula, otak kecil akan memproduksi senyawa Oxyrocin yang memiliki peranan dalam hal membuat rasa cinta itu menjadi lebih rukun dan mesra diantara keduanya.


Apa sih tanda-tandanya kalau orang mengalami jatuh cinta?

Dalam sumber yang sama, dijelaskan pula tanda-tanda orang yang mulai merasakan getaran “jatuh cinta”. Gejala-gejalanya sebagai berikut:

  1. Malu-malu jika orang yang dicintai memandanginya.

  2. Tunduk kepada perintah orang yang dicintai dan mendahulukannya daripada kepentingan diri sendiri.

  3. Memperhatikan perkataan orang yang dicintai dan mendengarkannya.

  4. Segera menghampiri yang dicintai.

  5. Mencintai apapun yang dicintai sang kekasih.

  6. Jalan yang dilalui terasa pendek sekalipun panjang saat mengunjungi orang yang dicintai.

  7. Kaget dan gemetar tatkala berhadapan dengan orang yang dicintai atau tatkala mendengar namanya disebut.

  8. Cemburu kepada orang yang dicintai.

  9. Rela berkorban untuk orang yang dicintai.

  10. Menyenangi apapun yang menyenangkan orang yang dicintai.

  11. Tunduk dan patuh kepada orang yang dicintai.

  12. Menghindari hal-hal yang merenggangkan hubungan dengan orang yang dicintai dan membuatnya marah.

  13. Adanya kecocokan antara orang yang mencintai dan yang dicintai.

And please ya, jangan menganggap kalo cinta itu dipersepsikan dengan pacaran tetapi cinta itu juga dapat bermakna persahabatan, kasih sayang dengan orang tua dan keluarga.
Terlebih lagi, ingatlah! Cinta adalah anugerah terbesar yang Dia berikan bagi umat manusia. Oleh karena itu, layaklah kalau cinta untuk-Nya jauh melebihi cinta untuk siapa pun di dunia ini sebab Dia juga telah memberikan Cinta Sejati-Nya kepada kita terlebih dahulu.

JBU



4 komentar:

GrapZ mengatakan...

beneran...tahi kucing sungguh tidak berasa coklat....hehehe...boleh dicoba:)

Anonim mengatakan...

lihat sedikit revisi di http://manadocity.blogspot.com/2007/12/ada-apa-dengan-kimiawi-cinta.html

sachroel mengatakan...

siiiiippp......
tulisan nya menarik nih.

arbedkimiawan mengatakan...

@ grapz: beneran lho...Cobain deh, hehehe

@ cecepcakep: yayaya...niru di GFresh ya, hehehe. Thanks buat koreksinya.

@ sachroel: Thanks ya buat pujiannya